Untuk dapat menjadi pemasok
barang di supermarket tentu memerlukan waktu dan proses. Sebagai pengusaha,
anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus anda persiapkan secara rinci.
Terkadang, anda membutuhkan waktu sebulan atau lebih untuk dapat bertemu dengan
orang yang berwenang di supermarket tersebut. Selain itu, meyakinkan mereka
untuk tertarik dengan produk yang anda miliki bukanlah sesuatu yang mudah untuk
dilakukan.
Namun
ketika anda berhasil dalam meyakinkan pihak supermarket, maka anda harus
benar-benar siap dalam memenuhi segala sesuatu yang anda janjikan dalam kontrak
yang telah anda sepakati. Tunjukkanlah kepada mereka bahwa anda adalah seorang
pengusaha yang profesional serta cukup teroganisir dengan baik untuk menjadi
seorang pemasok barang di supermarket yang mereka kelola.
Nah, untuk anda yang
berkeinginan menjadi seorang pemasok barang di sebuah supermarket, anda harus
memperhatikan beberapa hal dibawah ini:
1. PENJUALAN
Gagasan yang lengkap:Pihak
supermarket tidak mempunyai waktu untuk membantu anda dalam mengembangkan
setiap bagian dari produk yanganda miliki. Oleh karena itu, semua hal yang
berkaitan dengan produk anda seperti merek, kemasan, dan strategi pemasaran
harus anda tangani sendiri jika anda ingin mereka tertarik dengan produk
anda.
Pemasaran:
Pihak supermarket tidak akan tertarik dengan produk yang anda miliki jika anda
belum memiliki strategi pemasaran yang jelas. Ingatlah, mereka tidak akan
melakukan hal tersebut untuk anda.
Akreditasi:
Anda harus menyertakan setiap sertifikat yang berhubungan dengan kualitas
produk yang anda miliki. Mereka tidak akan mau menanggung risiko dalam menjual
produk yang berbahaya atau tidak baik kualitasnya.
Sejarah penjualan:
Jika anda memiliki sejarah penjualan produk, tunjukkanlah kepada mereka.
Popularitas produk yang anda miliki pasti dapat menarik minat mereka untuk
menjadikan anda pemasok barang di tempat mereka. Buatlah data yang sederhana
dan mudah dimengerti.
Jangan bersaing dengan produk
mereka: Setiap supermarket pasti ingin menjual produk dengan merek
mereka sendiri. Jangan sampai anda bersaing secara langsung dengan sesuatu yang
telah mereka buat.
2. LOGISTIK
Unit: Ini
adalah kata yang digunakan oleh semua supermarket untuk menyebutkan jumlah
produk anda. Gunakanlah istilah yang sama dengan yang mereka gunakan, maka anda
akan terdengar lebih profesional dalam bidang ini.
Distribusi:
Pihak supermarket dapat meminta anda untuk memasok barang dengan jumlah unit
yang berbeda. Mereka mungkin dapat meminta 10.000 unit dalam satu tempat, atau
mereka mungkin meminta 25 unit di 500 tempat.Pastikan bahwa anda siap dengan
segala permintaan tersebut. Dan pastikan biaya pengiriman barang ke tempat yang
berbeda sudah termasuk dalam harga produk anda.
Risiko diluar
kemampuan: Jangan melampui batas kemampuan yang anda miliki. Jika anda
mencoba untuk memenuhi semua pesanan yang ada, namun anda tidak dibayar tepat
waktu, maka bisnis anda dapat menemui kegagalan. Jangan sampai anda berada
dalam daftar hitam mereka.
3. KONTAK
Pembeli: Setiap
toko atau supermarket pasti memiliki target pembeli yang berbeda. Pastikan anda
menjadi pemasok barang di toko dengan target pembeli yang tepat.
Bertatap muka:
Jangan puas jika seseorang meminta anda untuk hanya mengirimkan contoh produk
yang anda miliki, kemungkinan mereka hanya akan menumpuknya atau
mengabaikannya. Berusahalah untuk dapat langsung bertatap muka dengan pihak
yang berwenang disana.
Sampel: Patikan
anda selalu dan selalu membawa banyak contoh produk ketika anda mengadakan janji
temu dengan pihak supermarket.
4. KONTRAK
Masa percobaan:
Mintalah kepada mereka sebuah masa percobaan jika respon pembeli di supermarket
tersebut tidak bagus. Beberapa toko dapat saja memberikan anda kesempatan untuk
membuktikan nilai produk yang anda miliki.
Rak Barang:
Pastikan anda membicarakan rak apayang akan anda dapatkan, berapa banyak toko
yang harus anda isi, dimana lokasinya, berapa unit yang dibutuhkan, serta
berapa lama produk tersebut akan dijual disana.
Harga:
Hati-hati terhadap klausul dalam negosiasi harga, mereka pasti akan mencoba
untuk menawar harga produk anda dengan harga yang sangat rendah. Baca semuanya
secara menyeluruh dan jangan mengabaikan nasihat hukum yang anda terima dari
seorang ahli hukum.
Eksklusivitas:
Ada kemungkinan bahwa pihak supermarket mungkin hanya akan menawarkan kontrak
eksklusif kepada anda, hal ini dapat berarti bahwa mereka akan memberikan lebih
banyak dukungan kepadaanda dalam masalah penjualan.Namun, anda berisiko
kehilangan kesempatan penjualan di tempat lain. Maka jika anda menandatangani
kontrak eksklusif, pastikan kontrak tersebut berakhir dalam satu atau dua
tahun.
Kembali ke rencana:
Apa yang harus anda lakukan jika supermarket tidak memperbaharui kontrak anda
setelah masa percobaan enam bulan? Yang harus anda lakukan adalah jalankan
rencana anda untuk setiap kemungkinan yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar